Berikut ini beberapa hal penting yang ada di dalam surat perjanjian sewa rumah menurut situs property senopitoe.com

  1. Identitas atau data diri orang yang menyewakan dan penyewa rumah

Orang yang menyewakan sebuah rumah bisanya bisa disebut pihak pertama, sedangkan orang yang ingin menyewa rumah atau calon penyewa biasa disebut dengan pihak kedua. Identitas kedua belah pihak juga harus lengkap termasuk nomor KTP, umur, dan pekerjaan.

  1. Masa berlaku kontrak rumah dan harganya

Masa berlaku ini adalah tanggal mulai dan tanggal berakhirnya sebuah sewa rumah yang tertera di dalam surat perjanjian sewa rumah, dan kesepakatan harga harus tercantum beserta uang muka dan angsuran sewa rumah tiap bulanya (jika diberlakukan DP dan Angsuran).

  1. Penanggungan biaya-biaya pokok

Hal ini juga harus tercantum pada surat perjanjian sewa rumah. Biaya-biaya yang dimaksud ini seperti biaya pembayaran listrik, air, televise, dan lain sebagainya. Semua biaya harus ada di dalam surat perjanjian agar memberikan kejelasan tentang siapa-siapa yang menanggung semua biaya.

  1. Peraturan kebersihan dan tujuan penggunaan rumah

Kebersihan juga merupakan hal penting yang harus ada di surat perjanjian sewa rumah dengan tujuan rumah yang disewakan bisa tetap terjaga. Selain itu, sediakan kolom pada surat perjanjian sewa rumah sebagai tempat tertulis untuk tujuan atau alasan penggunaan rumah seperti contohnya apakah rumah yang disewakan untuk tempat usaha atau tempat untuk ditinggali keluarga. Semua ini harus jelas ada pada surat perjanjian sewa rumah.

  1. Adanya saksi

Kehadiran saksi ini juga tidak kalah penting perananya, untuk memastikan proses sewa-menyewa rumah berlaku dengan jelas. Hadirkan seorang saksi minimal 2 orang untuk menyaksikan proses sewa menyewa sebuah rumah, biasanya orang yang menjadi saksi ini adalah ketua RT dan salah satu tetangga atau warga yang ada di sekitar rumah yang disewakan.

  1. Penandatanganan dan salinan lampiran

Buatkan 2 lampiran surat perjanjian sewa rumah untuk dipegang masing-masing oleh penyewa dan orang yang menyewakan. Cantumkan juga materai di surat perjanjian sewa rumah untuk ditandatangani sebagai pernyataan bahwa kedua belah pihak sudah setuju atau sudah sepakat terkait hal-hal yang ada di dalam surat perjanjian sewa rumah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Powered by