Sekarang ini masyarakat lebih memilih membeli rumah di perumahan yang telah dibangun oleh developer atau pengembang. Rumah di perumahan umumnya memiliki fasilitas-fasilitas yang tidak dimiliki rumah di luar perumahan, contohnya seperti taman anak-anak, kolam renang, dan petugas keamanan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan rumah di perumahan dan rumah diluar perumahan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan :

  1. Harga Rumah
    Di perumahan tentunya harga rumah lebih tinggi dibandingkan harga rumah diluar perumahan, karena tanah di dalam perumahan mempunyai legalitas yang cukup lengkap dan aman jika dibandingkan dengan legalitas rumah diluar perumahan. Selain itu, di dalam perumahan didukung oleh fasilitas-fasilitas yang memadai.
  2. Kepengurusan Dokumen
    Jika anda membeli rumah di dalam perumahan, tidak perlu mengurus surat-surat seperti IMB dan Sertifikat Hak Milik (SHM). Semua itu sudah ditangani oleh pihak developer, berbeda halnya kalau anda membeli rumah diluar perumahan akan mengurus sendiri proses pengurusan dokumen-dokumen rumah.
  3. Desain Rumah
    Pembeli rumah di dalam perumahan tidak bisa menentukan desain rumah sesuai keinginan pembeli karena desain rumah sudah diatur oleh pihak developer, jadi anda hanya terima jadi saja. Tapi ada pihak developer yang biasanya memberikan fasilitas free design seperti perumahan yang ada di senopitoe.com ini, sedangkan rumah di luar perumahan bisa dibeli dalam bentuk langsung jadi ataupun dibangun sendiri. Hal ini dikarenakan rumah diluar perumahan tidak terikat dengan aturan developer, tapi tetap harus meminta izin kepada Dinas Tata Kota.
  4. Keamanan
    Keamanan juga menjadi faktor yang sangat penting dalam hal hunian, apalagi bagi anda yang sudah berkeluarga. Memiliki rumah di dalam perumahan pasti mempunyai tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada rumah yang ada diluar perumahan, hal ini dikarenakan adanya petugas keamanan tersendiri. Petugas keamanan biasanya mengawasi siapa saja yang keluar masuk kawasan perumahan sehingga meminimalisir tindak kejahatan yang bisa terjadi di dalam perumahan.
  5. Akses Masuk ke Rumah
    Keamanan di dalam perumahan biasanya akan merepotkan tamu yang ingin mengunjungi rumah anda, biasanya anda harus memberi pemberitahuan dahulu kepada petugas keamanan agar tamu anda diizinkan memasuki kawasan perumahan. Hal ini sangat berbeda dengan rumah yang ada diluar perumahan karena bebas menerima tamu yang datang kapan saja. Selain itu, transportasi umum juga tidak diperbolehkan masuk ke dalam kawasan perumahan karena sudah menjadi peraturan dari pihak developer tersebut. Namun aturan ini juga bermanfaat karena tidak ada kendaraan yang lalu-lalang sehingga memberikan keamanan bagi anak-anak yang bermain di dalam kawasan perumahan.
  6. Perbandingan dari Fasilitasnya
    Perumahan biasanya menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung berupa taman,masjid, dan fasilitas lainya. Hal ini disediakan pihak developer untuk menarik minat calon pembeli, jika anda membeli rumah diluar perumahan harus mencari sendiri fasilitas umum yang dibutuhkan.
  7. Sosialisasi di Lingkungan Sekitar
    Sosialisasi di luar perumahan umumnya lebih terbuka jika dibandingkan sosialisasi di dalam perumahan, ini dikarenakan solidaritas tetangga diluar perumahan lebih tinggi daripada solidaritas tetangga yang ada di dalam perumahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Powered by