Program rumah subsidi dari pemerintah terbukti sangat membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk mewujudkan impian masyarakat utnuk memeli rumah. Harga rumah subsidi tentunya juga sudah ditentukan oleh pemerintah, meskipun rumah subsidi ini program unggulan dari pemerintah tetap memiliki kelebihan-kelebihan dan kekurangan nya. Agar anda yakin dengan program pemerintah, saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan rumah subsidi.

• Kelebihan Rumah Subsidi

1. Harga Terjangkau
Sebagai program unggulan pemerintah dan diperuntukan masyarakat berpenghasilan rendah, tentu saja harga rumah subsidi ini disesuaikan oleh kemampuan finasial mereka dan bervariasi di setiap daerah.
2. Developer Terpacaya
Saat ini pemerintah sudah bekerja sama dengan developer-developer yang berlisensi, sehingga tidak ada luang untuk developer-developer yang nakal. Developer atau pengembang ini sudah terdaftar di APERSI dan REI, selain itu para developer yang bekerja sama dengan pemerintah sudah tidak diragukan lagi karena pemerintah tidak mungkin memilih developer begitu saja. Pemerintah pasti akan melakukan survey yang detail.
3. Lokasi Strategis
Kebanyakan rumah subsidi berada di lokasi yang strategis dalam artian daerah yang dekat dengan kawasan industry dan sedang berkembang, sehingga di masa mendatang lokasi seperti ini sangat potensial untuk dijadikan peluang usaha maupun ditinggali.
4. Bukan Rumah Inden
Pemerintah telah membuat system terkait rumah subsidi ini agar pembeli rumah subsidi tidak terkena penipuan atau property bodong yang sedang marak di Indonesia. Pemerintah juga memastikan bahwa tidak akan ada rumah inden (siap huni), selain itu pembeli juga bisa memastikan secara langsung terkait rumah yang mereka beli benar-benar dibangun dengan baik atau tidak.
5. Persyaratan yang Mudah
Untuk persyaratanya sendiri juga bisa dibilang sangat mudah, persyaratan ini berdasarkan peraturan Kemenpera No.3 Tahun 2014:

• WNI minimal berusia 21 tahun
• Penghasilan yang tetap, maksimal 4 juta utnuk rumah tapak dan 7 juta untuk untuk rumah sejahtera susun
• Memiliki NPWP
• Mengumpulkan Fotocopy SPT dan PPh
• Belum memiliki rumah pribadi
• Belum pernah mendapatkan subsidi dari pemerintah terkait proses kepemilikan rumah

• Kekurangan Rumah Subsidi

1. Akses Sulit Dijangkau
Dalam hal akses untuk menjangkau lokasi rumah subsidi memang perlu memerlukan kendaraan pribadi karena lokasi yang jauh dan kondisi jalan juga kurang bagus.
2. Jauh dari Pusat Kota
Rumah subsidi umumnya dibangun di daerah yang jauh dari pusat kota karena harga tanah di kota sangat mahal dibandingkan daerah yang belum berkembang seperti pedesaan.
3. Spesifikasi Bangunan
Sesuai dengan harga dari rumah subsidi yang murah, bangunan yang murah tentunya kualitas dari bangunanya juga murah atau biasa-biasa saja dibandingkan dengan rumah yang mempunyai harga yang mahal. Umumnya luas rumah dari rumah subsidi juga tidak begitu besar, hanya berukuran 36 m2 untuk rumah tapak dan 21 sampai 36 m2 untuk rumah susun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Powered by