Izin lokasi ini pada umumnya terbagi menjadi 2 kondisi untuk memperoleh izin lokasi, yaitu izin lokasi yang diperoleh langsung tanpa komitmen dan diperoleh dengan komitmen. Berikut ini perbedaan izin lokasi yang diperoleh langsung tanpa komitmen dan izin lokasi yang diperoleh dengan komitmen :

• Izin Lokasi Langsung

1. Izin lokasi ini bisa didapatkan secara langsung apabila lokasi usaha telah tersedia RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) dalam bentuk peta digital RDTR.
2. Sistem OSS akan secara otomatis menerbitkan izin lokasi apabila lokasi yang diajukan telah sesuai dengan peruntukan ruang dalam RDTR.
3. Pada saat mau menggunakan tanah, wajib mengajukan pertimbangan teknis pertanahan di kantor pertanahan tempat lokasi usaha.

• Izin Lokasi dengan Komitmen

1. Kalau lokasi usaha telah memiliki RDTR tetapi tidak memiliki peta digital di OSS, maka anda harus membuat pernyataan komitmen penyelesaian izin lokasi.
2. Komitmen izin lokasi akan diselesaikan dengan memperoleh persetujuan kesesuaian peruntukan ruang di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTPSP) desuai dengan lokasi usaha.
3. Apabila lokasi usaha belum memiliki RDTR, maka anda harus mengajukan permohonan izin lokasi usaha di system OSS dengan mengisi pernyataan komitmen penyelesaian izin lokasi usaha.
4. Selanjutnya anda wajib menyampaikan sketsa lokasi dan proposal proyek di DPMPTSP yang sesuai dengan lokasi usaha dan menyetarkan NIB.

• Jangka Waktu Pemberian Izin Lokasi
Kalau anda sudah mendapatkan izin lokasi, jangan mengira bahwa izin lokasi yang anda dapatkan bisa berlaku untuk selamanya. Pasalnya anda akan diberikan waktu selama tiga tahun dihitung sejak izin lokasi diberlakukan, perolehan tanah yang anda dapatkan sebagai penguasa harus sudah selesai dalam jangka waktu 3 tahun. Kalau belum sempat selesai, anda bisa langsung memperpanjang jangka waktu untuk setahun kedepan, hal ini hanya berlaku jika tanah yang didapatkan mencapai 50% atau lebih luas dari tanah yang ditunjuk dalam izin lokasi.
Jika semua proses telah diselesaikan, anda bisa langsung membuat perusahaan yang telah direncanakan. Sedangkan sisa perolehan tanah akan terus dilanjutkan karena ada perpanjangan waktu selama 1 tahun, tapi izin lokasi tidak akan dapat diperpanjang jika perolehan tanah tidak mencapai 50% dari luas tanah yang tercantum di dalam izin lokasi. Tapi kalau untuk pemanfaatan tanah, anda bisa tetap memanfaatkan tanah yang diperoleh sesuai dengan capaian luasyang didapatkan dengan kesesuaian tujuan kegiatan usaha.
Implementasi digitalisasi ini membuat pemohon mudah untuk mendirikan usaha dan tidak ribet mengurus perizinanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Powered by